10 Kebiasaan Buruk Saat Presentasi

Salam,

Merasa takut berdiri didepan banyak orang?
Merasa grogi kalau harus bicara dengan orang asing?
Merasa omongan kita tak dihiraukan oleh mereka?

Kalau jawaban kamu dari pertanyaan diatas adalah ‘Ya’, bisa jadi kamu punya masalah dengan namanya presentasi. Presentasi bisa juga berarti membawakan, menghadirkan, menunjukkan hal-hal apa yang sedang dipresentasikan.

Terlepas dari apa yang sedang kita presentasikan, selalu ada hal-hal yang harus dan tidak boleh kita lakukan selama melakukan presentasi. Bila kamu masih merasa kurang mampu berpresentasi dengan baik entah itu saat didepan kelas atau didepan ‘bos’, silahkan simak tulisan ini.

10 kebiasaan yang harus dihindari saat presentasi:

1. Membaca saat presentasi
Hal ini sering sekali aku lihat pada teman-temanku saat kuliah, dan mungkin termasuk kamu. Membaca catatan atau materi presentasi kita sama sekali tak dilarang tapi bila sering dilakukan maka akan berakibat jelek pada hasil presentasi kita.

Efek negatif: kita terlihat tidak menguasai materi presentasi.
Solusi: review slide/materi sebelum presentasi dan jangan pernah bahas hal yang tak kamu kuasai.

2. Tak lakukan kontak mata
Presentasi adalah komunikasi 1 arah antara kita dengan pendengar. Makanya pendengar akan sangat bosan sekali bila kita tidak mampu berkomunikasi secara menarik. Salah satu cara agar menarik perhatian adalah kontak mata, melihat mata pendengar kita.

Efek negatif: pendengar menjadi tak fokus pada kita.
Solusi: latih dan ingatkan diri kamu agar melakukan kontak mata dengan seluruh pendegar.

3. Berpakaian tak rapih
Kesan pertama adalah segalanya, terutama bagi mereka yang belum mengenal kita. Oleh karena itu berpakaianlah yang rapih, tidak harus memakai jas tapi rapih. Karena hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya di hati pendengar.

Efek negatif: pendengar meremehkan kita.
Solusi: ajak teman wanita untuk memilihkan pakaian yang pantas untukmu, pantaskan pakaianmu dengan budaya lokal setempat.

4. Melakukan hal-hal tak penting
Saat presentasi kadang kita tak sadar telah melakukan hal-hal diluar kebiasaan, misalnya: mengepal tangan, memegang kancing baju, memainkan pulpen bahkan menjentikkan jari. Hal-hal kecil ini memang sepele tapi bagi pendengar, ini bisa menjadi sangat menggangu. Hindari kebiasaan ini.

Efek negatif: menciptakan kesan tak percaya diri oleh pendengar.
Solusi: ingatkan dirimu agar tak melakukannya, rekam dirimu saat presentasi dan terus koreksi hal ini.

5. Tak melakukan persiapan
Penting! lakukan persiapan untuk presentasimu. Presentasi yang buruk adalah hasil dari persiapan yang buruk. Segala hal yang dipersiapkan baik selalu menghasilkan hal baik.

Efek negatif: pendengar menilai kita gagal presentasi.
Solusi: lakukan persiapan! atur tempo presentasi, hal yang ingin diucapkan hingga bagaimana kita berjalan saat di panggung.

6. Hanya berdiri di satu tempat
Berdiri di pojok dengan laptop dihadapan dari awal hingga akhir presentasi tidak akan membuat presentasimu menjadi hebat dihadapan pendengar. Kamu bukanlah robot yang bisa bersuara, kamu adalah pembicara yang dianggap hebat oleh pendengarmu. Buatlah mereka terkesima!

Efek negatif: pendengar merasa bosan dengan kita.
Solusi: cek lokasi panggung sebelum presentasi dan aturlah bagaimana kamu berjalan dan menyapa pendengar nantinya.

7. Membaca poin-poin pada slide
Pendengar kita mampu melihat dan membaca apa yang ditampilkan slide. Oleh karena itu hindari mengulang apa yang telah tertulis pada slide. Hindari memasukkan banyak kalimat pada slide, dan biarkan pendengar mendengar langsung dari ucapan kita bukan pada slide.

Efek negatif: kita terkesan tak menguasai materi.
Solusi: Gunakan beberapa kata kunci pada slide sebagai bahan presentasi.

8. Terlalu lama berbicara
Bagi seorang pemimpin, berpidato berjam-jam mungkin cara untuk menunjukkan seberapa besar kekuasaannya namun hal ini sesungguhnya tak baik. Persingkatlah hal-hal yang ingin kita sampaikan, pendengar tak akan selalu fokus pada hal yang kita bicarakan.

Efek negatif: kita kehilangan perhatian pendengar.
Solusi: atur waktu presentasi dan gunakan gambar bila memang lebih mudah penyampaiannya.

9. Gagal menarik perhatian
Pendengar hanya akan mengingat apa yang kita ucapkan pada awal dan akhir presentasi, bila kita gagal menarik perhatian pada awal presentasi bisa jadi tujuan presentasi kita tak akan tercapai.

Efek negatif: presentasi kita akan menjadi sia-sia.
Solusi: berikan alasan kepada pendengar mengapa mereka harus memperhatikan kamu.

10. Mengakhiri presentasi dengan buruk
Hal pertama yang di ingat pendengar adalah akhir dari presentasi kita. Oleh karena itu, akhiri presentasimu dengan baik sehingga pendengar mampu mengingat semua materi yang disampaikan.

Efek negatif: pendengar lupa materi presentasi.
Solusi: tampilkan sesuatu yang menohok, misalnya kata mutiara atau berikan pertanyaan.

Itulah 10 hal yang harus dihindari saat presentasi yang kusadur dari The 10 Worst Presentation Habits oleh Carmine Gallo.

Semoga bermanfaat.

Inspirasi lainnya: