5 Hal Untuk Jadi Freelancer

Entah karena belum tahu atau tidak tahu, sedikit teman-temanku yang berminat bekerja sebagai pekerja lepas(freelancer). Padahal profesi itu kan keren 😀

Bukan sekedar keren, tapi juga menawarkan banyak keuntungan dari sisi waktu dan materi. Tak hanya menjadi freelancer, sedikit sekali yang berminat untuk menjadi pengusaha(entrepreneur). Kalau memang teori “makin sedikit maka makin berharga” adalah benar maka orang-orang yang ada di dunia freelancer/entrepreneur adalah manusia berharga.

Supaya kalian bersemangat untuk menjadi freelancer, aku tuliskan deh hal apa saja sih yang mesti dimiliki untuk menjadi seorang pekerja lepas. Tentu saja ini adalah subjektif pendapat pribadiku. Semoga menginspirasi.

1. Pintar Mengatur Waktu

Tenang, keahlian ini bisa dipelajari kok. Ini cuma soal kebiasaan saja, awalnya pasti susah tapi kalau dipaksakan dan dilaksanakan dengan hati maka akhirnya akan lebih mudah. Mengatur waktu menjadi penting bagi pekerja lepas karena kita bekerja sendiri dalam lingkungan pribadi, tak seperti karyawan yang memang bekerja dalam lingkungan buatan (kantor).

2. Bertanggung Jawab

Bila kita bekerja dengan penuh tanggung jawab, harusnya kita akan bekerja dengan hati dan selesaikan tugas dengan baik. Yaa.. kamu sudah mengertilah poin ini, harusnya.

3. Suka Tantangan

Inilah hal yang membedakan karyawan dan pekerja lepas. Harusnya hal ini pun menjadi kenikmatan bagi para freelancer. Dengan status pekerja lepas maka kita bisa mendapat peluang pengalaman yang sangat luas dan pengalaman itu datang lewat tantangan kerja. Semakin banyak selesaikan tantangan maka semakin tinggi keahlian kita di bidang pekerjaan.

4. Senang Berjejaring

Karena pekerja lepas tidak terikat pada satu perusahaan dan tidak mempunyai pendapatan tetap seperti karyawan maka pertemanan adalah kuncinya. Semakin lebar jaring teman maka semakin lebar peluang pekerjaan yang bisa kita dapat. Ini akan berakhir pada ‘bagaimana kau menjual dirimu’, karena kita menjual keahlian.

5. Fokus & Konsisten

Tak ada jalan yang mudah untuk mencapai lantai hidup tertinggi, semua butuh kerja keras. Begitu juga jika ingin menjadi pekerja lepas yang dikenal ahli. Semua butuh fokus pada satu bidang pekerjaan dan konsisten dalam menjaga kualitas layanan.

Sudah tertarik untuk jadi freelancer?

Inspirasi lainnya: