5 Tanda Kamu Bukan Seorang Karyawan

Jika kamu baru lulus kuliah dan sedang sibuk mencari kerja kantoran, lebih baik pikir-pikir dulu deh; atau minimal baca dulu tulisan ini sampai selesai. Jangan sampai salah ambil langkah karirmu.

Karyawan yang kumaksud adalah para pekerja yang sering kalian lihat dipinggir Sudirman tiap pukul 5 sore. Mereka yang setiap hari putar otak untuk mencapai target; mereka yang waktu liburannya dibatasi oleh jatah cutinya.

1. Susah Bangun Pagi

Harusnya sih bangun pagi itu menjadi keahlian dasar yang wajib dimiliki tiap orang karena ada banyak hal yang hanya bisa dinikmati pada pagi hari, misalnya: nasi uduk dan tukang sayur. Namun jika kamu tipe orang yang sulit bangun pagi hanya untuk keluar rumah menuju kantor, berarti kamu bukan karyawan sejati.

2. Malas Berpakaian Formal

Karyawan teladan itu selalu pakai kemeja rapih, satu lipatan, sepatu pantofel, dasi bila perlu dan rambut klimis dengan kumis tipis. Kalau kamu tak tahan untuk bergaya seperti itu maka jangan pernah deh melamar kerja di daerah Sudirman/Kuningan.

3. Bosan Dengan Rutinitas

Skenario hidup karyawan itu mudah ditebak kok; masuk jam 9 pagi – pulang jam 5 sore. Begitu aja terus selama 365 hari dengan jatah cuti sekitar 12 hari. Yakin, tak sedikit diantara kalian yang ingin cepat lulus kuliah karena bosan di kampus. Jika kamu berpikiran demikian, berarti dunia karyawan bukanlah tempat kalian.

4. Tak Takut Miskin

Miskin adalah mental, bukan diukur dengan jumlah harta tapi diukur dengan seberapa berani kamu menerima resiko. Resiko tidak mendapat pendapatan tetap; itu pertimbangan dasar banyak orang memilih karyawan sebagai sumber pendapatan. Kalau kamu masih merasa takut ‘miskin’ di dunia ini, maka silakan deh jadi karyawan.

5. Suka Bertemu Orang Baru

Karyawan dengan rutinitas dan segala formalitasnya secara tidak langsung menghambat diri untuk mengembangkan jaringan pertemanan. Pasti kalian pun merasakan, menjadi karyawan itu membatasi waktu kita berinteraksi dengan orang dan kesempatan baru.

Uang memang tak dapat membeli bahagia, tapi bisa berikan orang lain kebahagiaan. Dan itulah momen kita berbahagia.
— Amal Agung Cahyadi (@akhmadamal) October 30, 2012

Jadi, 5 hal diatas sebenarnya tanda seorang apa?

Kalau merasa 5 hal diatas adalah kamu banget, berarti kamu adalah pekerja kreatif. Orang yang bekerja atas kemauan diri sendiri tanpa tekanan orang sekitar. Subjektif? memang!

Paling tidak dengan memahami tulisan ini, kamu berpikir ulang rencana hidupmu. Jangan sampai nanti terjebak dunia karyawan yang sebenarnya bukanlah duniamu.

Kapan kamu bosan jadi karyawan?

nb: semua gambar adalah hotlink dari sumbernya.

Inspirasi lainnya: