6 Langkah Dasar Membangun Bisnis

Tulisan ini adalah salah satu oleh-oleh dari gathering StartupBisnis kemarin tanggal 21 Juli 2012. Walau bukan dari pembicara yang direncanakan, tapi materi yang disampaikan cukup menarik dan masuk akal untuk diaplikasikan bagi pebisnis pemula.

Sebenarnya judul Enam Langkah Dasar Membangun Bisnis ini hasil pemikiranku karena didalam catatanku tidak terdapat judul materinya, yang pasti materi ini disampaikan oleh Cynthia Wihardja yang kalau tidak salah bekerja sebagai pelatih bisnis.

Tidak perlu menunggu lama, berikut 6 langkah dasar membangun bisnis:

1. Buatlah Fondasi

Fondasi disini bisa diartikan sebagai rencana jangka pendek dan panjang. Dalam bentuk Visi dan Misi bisnis yang akan kita jalankan, dengan begitu bisnis akan berkembang secara terarah pasti sehingga tidak melebar ke arah yang hanya akan membuang waktu dan energi. Bila dalam sebuah organisasi, fondasi ini bisa diterjemahkan dalam sebuah Anggaran Dasar dan Rumah Tangga.

2. Bentuk Keunikan Bisnis

Keunikan atau dalam istilah inggrisnya adalah niche. Sesuatu yang menjadi modal dasar bisnis sehingga kita lebih mudah mengembangkan bisnis dan konsumen pun mudah mencari produk/jasa yang ditawarkan. Kadang niche juga disebut ‘ceruk pasar’, yaitu sesuatu yang belum digarap banyak orang dalam satu pasar.

Suatu bisnis yang unik (niche) berarti menawarkan produk/jasa yang hanya dibutuhkan konsumen yang unik pula, karena keunikan tersebut maka tak banyak produsen/kompetitor dalam pasar tersebut. Sehingga memberikan peluang besar pada bisnis yang kita jalankan.

3. Ciptakan Sistem

Setelah mempunyai fondasi dan keunikan bisnis, maka selanjutnya adalah menciptakan sistem bisnis. Sistem yang nantinya akan mempermudah kita dalam bekerja sehingga kita tak harus mengawasi bisnis 24 jam penuh hingga lupa untuk mengembangkan produk/jasa atau memikirkan diri sendiri. Sistem bisnis ini bisa diartikan pada sebuah struktur kerja atau SOP(Standard Operating Procedure).

4. Kumpulkan Sebuah Tim

Ajak orang terbaik yang kita kenal dan bisnislah bersama-sama sehingga beban tak harus kita pikul sendirian. Dengan adanya tim maka kita akan punya waktu lebih untuk memikirkan hal lain dan tak melulu pikirkan hal teknis bisnis. Karena kita tak mau selamanya bekerja keras tanpa menikmati hasilnya bukan? oleh karena itu langkah keempat ini penting.

5. Lakukan Pengembangan/Sinergi

Kembangkan produk/jasa lebih besar, buatlah cabang bisnis kamu sehingga keuntungan bisa diraup lebih banyak dan ongkos produksi menjadi lebih efisien. Sebenarnya poin kelima ini kurang kumengerti maksudnya, namun yang pasti ini adalah tahap yang menurutkan menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis. Karena bisnis tahunan yang tak berkembang itu tidak pantas disebut sukses.

6. Nikmati Hasil

Langkah terakhir yang merupakan hasil dari 5 langkah sebelumnya, dengan adanya dasar dan keunikan bisnis yang terarah oleh sistem; dikerjakan oleh tim yang terus berkembang maka kini saatnya kita menikmat buah manis bisnis yang kita rintis. Dalam tahap inilah waktu dan uang dapat kita nikmati bersamaan.

Sekian Enam Langkah Dasar Membangun Bisnis, silakan share di Twitter dan Facebook melalui tombol share dibawah jika artikel ini berguna untuk dirimu. Terima kasih

Inspirasi lainnya: