Alasan Mengapa Kita Harus Menulis Dengan Bahasa Indonesia

Salam,

Menulis itu penting, selain menjadi salah satu pekerjaan yang katanya tak terganti oleh robot; menulis pun melatih pola pikir dan menenangkan pikiran. Khususnya bagiku, kegiatan menulis haruslah menjadi cara untuk berguna bagi nusa dan bangsa; seperti doa orang tua pada umumnya.

Maka tulisan yang dihasilkan mestinya sesuatu yang mencerahkan dan bermanfaat bagi orang lain. Begitupun informasi di blog ini adalah tanggung jawabku terhadap pembaca. Karenanya semua data mesti kupastikan benar dan akurat, ide yang kusebar haruslah berdampak positif walau aku tak pernah paham apa respon kalian terhadap blogku ini.

Internet sebagai jendela dunia dan tempat ‘gratis’ bagi kita menimba ilmu, mestinya dapat diakses mudah oleh semua orang. Mungkin sulit merubah kenyataan cuma 15% penduduk Indonesia terhubung internet. Tapi aku yakin kita (bagian dari 15% tersebut) dapat merubah fakta bahwa hanya ada 0,5% jumlah artikel berbahasa Indonesia di internet.

Bukan rahasia lagi kalau 55,5% internet didominasi artikel berbahasa Inggris, bahkan Jepang dan Cina saja berada di posisi 4 dan 7 peringkat bahasa yang paling banyak digunakan di internet.

Entah sudah ada penelitian tentang korelasi antara peringkat tersebut dengan kemajuan negaranya atau belum tapi aku yakin kalau semakin banyak artikel bahasa Indonesia di internet maka semakin maju Indonesia. Mengapa?

Karena masyarakat Indonesia tidak perlu belajar bahasa asing untuk mendapatkan informasi tertentu. Idenya adalah memotong kendala bahasa bagi masyarakat daerah yang belum mampu berbahasa asing.

Itulah alasan mengapa kita mesti menulis blog dalam bahasa Indonesia, tentu akan lebih baik lagi jika tulisan kita bermanfaat dan inspiratif bagi banyak orang. Bukan berarti aku menolak atau tidak paham bahasa asing; justru aku mencoba menerjemahkan ilmu yang kudapat dari luar kemudian membaginya di sini.

Perbanyak konten bahasa Indonesia di Internet adalah salah satu cara jadikan Indonesia ‘Macan Asia’ lho.
— Amal Agung Cahyadi (@akhmadamal) February 16, 2014

Mari kita mulai menulis dengan bahasa Indonesia 🙂

Referensi belajar bahasa indonesia:
MenulisKalimat.com
KamusBesar.com

Inspirasi lainnya: