Analisa Pengaruh Pemasaran Facebook Terhadap Keputusan Pembelian

Salam,

Kembali lagi dengan topik yang tidak jauh berbeda pada tulisanku sebelumnya, yaitu Pengaruh Akun Facebook Dengan Kehidupan Nyata Seseorang. Pada tulisan ini, kucoba memakai pemikiran dari seorang peneliti untuk mengungkap atau mengklarifikasi fakta yang sudah ada saat ini. Analisa Pengaruh Pemasaran Facebook Terhadap Keputusan Pembelian adalah judul yang menarik bagiku.

Membahas pemasaran pada media sosial Facebook serta menganalisa pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada konsumen Indonesia. Apakah memasarkan produk via Facebook lebih efektif dibanding media cetak?

Abstrak
Facebook adalah situs jejaring sosial yang bisa dibilang sukses di Indonesia hingga saat ini. Global Statistik menyebutkan pada bulan terakhir, Indonesia menduduki urutan kedua pada jumlah pemakai Facebook di dunia tepat dibawah Inggris Raya. Dengan jumlah pengguna mencapai 29.844.240 dan penetrasi baru mencapai 12.28% menunjukkan masih ada kemungkinan bagi Indonesia untuk meningkatkan jumlah pengguna facebook sehingga pantas bila Indonesia menduduki peringkat pertama Asia pada jumlah pengguna.

Hal ini menjadikan media internet tidak bisa dianggap remeh pengaruhnya pada ekonomi masyarakat Indonesia. Baca saja artikel yang dimuat di www.tempointeraktif.com tentang Menteri Perdagangan Maria Elka Pangestu yang mengatakan bahwa media sosial meningkat daya saing ekonomi Indonesia dari peringkat 54 menjadi 44.

Penelitian Terdahulu
Jessi Hempel (2009) pada situs FORTUNE menuliskan sebuah artikel yang berjudul How Facebook is Taking Our Lives, yang menunjukkan bahwa Facebook berkembang pesat di seluruh dunia dan perusahaan besar seperti Microsoft terlihat akan membeli Facebook. Dapat disimpulkan bahwa, Facebook merupakan “magnet” bisnis yang sangat kuat.

Kesimpulan
Facebook akan terus mengembangkan jasanya ke area yang lebih lebar dan akan terus mencoba mengeruk keuntungan finansial dari fasilitas yang diberikannya kepada para penggunanya. Pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pengguna Facebook di Indonesia belum dapat diketahui karena perlu penelitian lebih dalam.

Daftar Pustaka
http://asiancorrespondent.com/jon-russell/indonesia-facebook-s-second-largest-market-as-asia-surpasses-100-million-members
http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2010/09/24/brk,20100924-280327,id.html

Penelitian ini belum selesai dan mungkin akan dianggap selesai saja. Terima kasih telah meluangkan waktumu untuk membaca tulisanku ini. Tulisan ini dipengaruhi oleh suasana skripsi.

Trims.

Inspirasi lainnya: