Bagaimana Blogger Yang Sukses Itu

Salam,

Berikut adalah tulisan mengenai blogging yang berisi ciri-ciri blogger yang sukses.

Seperti apakah blog yang sukses itu. Itu adalah pertanyaan yang cukup sering muncul dibenakku akhir-akhir ini, setelah mencari beberapa referensi dan menganalisa blog orang-orang terkenal didunia maya ini aku simpulkan beberapa teori yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kamu.

Ciri-ciri menurut 12 Traits of Successful Bloggers adalah sebagai berikut:

Creative and Playful (Kreatif dan Bermain-main)
Karena blog adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk bermain,menunjukkan hal baru kepada orang banyak dan mengubah pandangan orang lain dengan sesuatu yang kita tulis.

Innovative (Inovatif)
Menunjukkan dan mengembangkan sesuatu hal dengan cara yang berbeda.

Connectors (Pertemanan)
Para blogger sukses mempunyai banyak hubungan relasi antar blogger lain dan juga kepada orang-orang yang mempunyai pengaruh penting didunia maya ataupun nyata.

Community Enablers (Pembuka Komunitas)
Para pembaca bukan hanya ingin membaca konten yang blogger tulis namun juga ingin berpartisipasi didalam blog yang mereka baca atau bahkan juga ingin menuliskan sesuatu didalam blog tersebut. Blogger sukses tidak selalu menjadi pemimpin yang menuntun komunitas(kumpulan pembaca) blog mereka, terkadang mereka mengajak atau membiarkan orang lain untuk ikut andil dalam menulis sebuah blog.

Information Mavens (Penerus Berita)
Blogger sukses suka mengumpulkan informasi atau berita, kelebihan mereka terdapat dalam kemampuan mereka dalam menyaring berita dan mengumpulkan hal-hal penting yang akan mereka sampaikan melalui blog mereka.

Communicators (Pembicara)
Blogger sukses mempunyai kemampuan menulis yang baik,namun tidak hanya itu saja karena mereka juga adalah seorang communicator yang mampu menganalisa kebutuhan dan keinginan para pembacanya.

Interest (Menarik)
Untuk menjadi menarik blogger harus tertarik terlebih dahulu. Blogger sukses akan menulis topik yang sebelumnya telah dipilihkan(oleh pembaca) dengan senang hati sehingga terdapat suatu daya tarik tertentu pada pembaca terhadap tulisan blogger.

Enterpreneurs (Enterpreneur)
Para blogger sukses selalu melihat peluang pada setiap kesempatan, contohnya dengan memulai sesuatu saat orang lain belum memulainya.

Originality (Unik)
sangat sulit untuk menjadi unik didunia blogging namun tidak untuk blogger sukses,mereka tahu bagaimana caranya menjadi unik diantara lainnya-dua orang blogger yang sukses adalah tidak sama.

Perseverance (Berkelanjutan)
Blogger sukses sadar bahwa membutuhkan waktu yang lama untuk mengembangkan blognya menjadi sukses serta melihat masa lalu sebagai motivasi untuk tetap bertahan. Mereka tahu kapan waktu untuk selesai saat ada yang salah tapi juga memiliki kedisiplinan untuk tetap fokus untuk/setelah waktu yang lama.

Focus (Fokus)
Banyak hal baru bermunculan dan tidak sedikit blogger membahasnya namun beberapa blogger sama sekali tak tertarik untuk membahasnya karena mereka mempunyai fokus tertentu sehingga apapun yang terjadi disekitar, mereka tidak mudah tertarik untuk menuliskannya.

Curiosity (Rasa ingin tahu)
Mereka(Blogger sukses) selalu mencoba untuk mencari tahu walaupun hal tersebut telah jelas adanya. Mereka selalu mencoba mendobrak batas untuk terus berangan-angan dan mencoba menelusuri lebih jauh.

Menurutku blog yang sukses itu sebagai berikut:

Direncanakan
Semua hal tanpa rencana akan menghasilkan sesuatu yang berantakan,begitu juga dengan blog. Rencanakan tujuan kamu membuat blog, konten apa yang akan kamu tulis. Kalau perlu bikin visi dan misi terus pajang didepan blog kamu 😛 *hehehe*

Mempunyai konten yang menarik
Tanpa kamu menulis sebuah tutorial, how-to, artikel politik, atau mungkin kunci jawaban UAS! *opss* asalkan kamu menulis sesuatu yang menarik..mereka pasti kasih komen!

Mempunyai konten yang bermanfaat
Sudah pasti semua yang bermanfaat akan terus dicari dan digunakan oleh orang lain. Buatlah daftar kemampuanmu didunia nyata, setelah itu rencanakan tutorial tentang kemampuanmu itu. Contohnya kamu ahli memasak,buat saja artikel tentang tips memasak, resep atau lainnya. Jangan lupa pula cari referensi tentang kemampuanmu itu sehingga kamu makin banyak ide untuk menulis.

Tidak harus menjadi peringkat 1 dihasil search engine
Karena konten lebih penting daripada peringkat,teruslah menulis sesuatu menarik/bermanfaat hingga kamu lupa kalau semenit lalu kamu baru saja posting. Dan juga menurutku peringkat atas hanyalah efek dari konten yang bagus.

Enak dilihat Cepat dibaca
Kalau apa yang kamu tulis memang menarik atau bermanfaat maka pembaca akan merelakan waktu mereka untuk membaca blogmu hingga selesai. Janganlah menulis terlalu panjang,bila harus buatlah variasi tulisan.

Semoga bermanfaat.
Trims.

Inspirasi lainnya: