Bagaimana Cara Menulis Cepat

Salam,

Tulisan ini adalah terjemahan ikhtisar dari How to Write Fast yang ditulis oleh Alisa Bowman.
Tidak ada tujuan lain dari publikasi ini, hanya untuk memberikan kemudahan bagi orang lain untuk memahami ini dalam bahasa lokal.

Bagaimana Cara Menulis Cepat

Selain menulis blog di Internet, pasti kamu juga mempunyai kegiatan lain di dunia nyata seperti: bekerja, kumpul dengan teman dan keluarga, dan lain-lain.

Namun dengan waktu yang terbatas, bagaimana kamu tetap melakukan itu semua setiap hari?

Ada beberapa pilihan jawaban untukmu:

  1. Kamu mulai tuk tidak tidur
  2. Mengurangi waktu dengan keluarga dan teman
  3. Atau kamu berusaha untuk menulis dengan cepat

Jika kamu memilih nomor 3 dan ingin tahu bagaimana caranya, teruslah membaca artikel ini.

Aku mulai terbiasa menulis cepat sejak bekerja menjadi reporter koran karena pekerjaan itu mengharuskan aku untuk bekerja dengan deadline yang singkat. Sehingga dalam 10 menit aku bisa menuliskan hingga 800 kata.

Dengan semua itu, aku mengetik sekitar 5000 sampai 10000 kata perminggu dan menghabiskan 6 sampai 7 jam sehari untuk menulis. Dan seiring dengan itu akupun mengembangkan 6 langkah tentang cara menulis cepat.

Langkah 1
Sebelum kamu menulis, bayangkan kalimatnya diotakmu. Setelah kamu selesai dengan satu artikel, rencanakan artikel yang akan ditulis selanjutnya dan pikirkan selagi kamu melakukan kegiatan lain.

Langkah 2
Pilih kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang akan kamu tulis. Ada beberapa format kata kunci yang sering dipakai yaitu:

  • Q&A : Orang lain memberikan pertanyaan kepadamu dan kamu menjawabnya.
  • Tips: Memulai dengan beberapa paragraf dan daftar tips. Tulisan ini mengikuti format ini dengan kata “tips” dan “langkah”.
  • Pengalaman: Menulis artikel berdasarkan pengalaman yang terjadi.
  • Daftar: Menuliskan daftar suatu website, buku, atau tokoh yang hebat.
  • Kuis: Memberikan beberapa pertanyaan kepada pembaca dan menyimpulkan hasilnya.

Banyak format lain selain diatas, namun kunci untuk menulis dengan cepat adalah mengunakan format yang ada dan menyempurnakannya.

Langkah 3
Mulailah menulis sekarang. Mulailah menulis saat ini juga dan jangan berhenti hingga tidak ada lagi kata yang tersisa didalam otakmu, jangan pedulikan aturan tata bahasa karena bisa membuatmu lupa dengan semua yang telah kamu pikirkan.

Sisipkan catatan kecil dalam tulisanmu sehingga kamu bisa menggantinya setelah selesai menulis. Misalnya: ‘periksa ejaan nama’, ‘cari URL’, atau ‘kata yang ingin kutulis’.

Langkah 4
Setelah menulis artikel bacalah ulang dari awal hingga akhir. Lengkapi kalimat yang sebelumnya kamu tulis sebagai catatan kecil.

Langkah 5
Baca ulang dengan mengucapkannya hingga kamu bisa membetulkan kata-kata yang terdengar tidak lazim.

Langkah 6
Selesailah langkah kamu menulis artikel dan siap utuk diposting.

Artikel ini telah kutulis dalam waktu sekitar 10 menit.
Tuliskan caramu untuk menulis cepat dibagian komentar.


Cara menulis cepat ini menurutku berhubungan dengan dengan Batch Processing ala Darren Rowse. Sehingga dengan menggabungkan kedua metode itu kita tetap rutin menulis blog dan juga melakukan banyak hal di di dunia nyata.

Artikel terjemahan diatas adalah ikhtisar sehingga tidak semua kata atau kalimat terjemahkan diatas. Silahkan baca artikel lengkap How to Write Fast di problogger.net yang ditulis oleh Alisa Bowman.

Semoga bermanfaat
Trims.

Foto oleh superjde

Inspirasi lainnya: