Bike Messenger

Salam,

Tulisanku ini akan menjelaskan apa itu Bike Messenger dan serba-serbi tentang para Bike Messenger.

Bike messenger adalah sebutan bagi seseorang yang bekerja mengantarkan paket pada tujuan dengan menggunakan sepeda, sama seperti tukang pos di Indonesia pada dulu kala.

Keberadaan bike messenger telah ada sejak abad 18 hingga saat ini. Bagi penduduk negara-negara seperti Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Australia dan lainnya sudah tidak asing dengan bike messenger.

Penggunaan sepeda sebagai kendaraan mengantar paket dinilai lebih cepat, dan itu memang terbukti karena pada negara maju penduduknya lebih banyak menggunakan mobil sehingga diperlukan kendaraan yang bisa melintas cepat di tengah kemacetan jalan raya untuk mengantarkan paket tepat waktu.

Bekerja menjadi bike messenger bukan pilihan semua orang karena pekerjaan ini mempunyai resiko yang besar. Kebanyakan orang yang bekerja menjadi bike messenger adalah orang yang cycloholic atau hobi sepeda banget.

Bike messenger melewati jalanan yang macet dengan kecepatan tinggi sehingga resiko kecelakaan sangatlah besar, menerobos persimpangan jalan pun dilakukan untuk mengejar waktu yang juga menambah resiko pekerjaan ini.

Menurutku yang unik dari bike messenger ini adalah tas yang mereka gunakan atau yang disebut Messenger Bag . Karena tas ini mempunyai tiga tali; didesain untuk dapat membawa banyak barang namun tetap nyaman digunakan saat bersepeda dan juga tetap gaya saat dipakai.

Selain tas yang mereka pakai, jenis sepeda yang digunakan juga unik. Karena kebanyakan sepeda yang dipakai bike messenger adalah sepeda single speed yang artinya mereka tidak dapat memindah gir karena cuma ada satu gir.

Dan juga gir yang dipakai adalah fixed gear yang artinya kayuhan mereka sama seperti kecepatan putaran rodanya dengan kata lain mereka tidak bisa berhenti mengayuh saat sepeda berjalan. Oleh karena itu, rata-rata sepeda yang dipakai tidak memiliki rem.

IFBMA atau International Federation of Bike Messenger Associations adalah organisasi internasional yang mengumpulkan semua pelaku bike messenger di seluruh dunia dan mengkampanyekan pemakaian sepeda.

Di Indonesia, bike messenger memang belum ada. Tapi pernah kita lihat saat dulu pak pos masih memakai sepeda dalam mengantarkan surat. Kemungkinan besar banyak orang Indonesia yang mau menjadi bike messenger karena bagi seseorang yang hobi bersepeda, bekerja menjadi bike messenger adalah kenikmatan.

Dibayar untuk melakukan sesuatu yang kita suka, benar-benar mimpi seorang cycloholic.

Lihat juga kumpulan video yang direkam langsung kamera helm oleh Lucas Brunelle saat bersepeda menjadi bike messenger.

Baca lebih detil tentang bike messenger di:
http://en.wikipedia.org/wiki/Bike_messenger
http://nybma.com/
http://www.londonmessengers.org/news
http://www.messengers.org/

Pengen lihat Messenger Bag buatanku sendiri?

Lets act beyond green!
Trims.

Inspirasi lainnya: