Bike To Campus

Salam,

Bike To Campus (B2C) adalah suatu gerakan yang terinspirasi dengan Bike To Work (B2W). ‘Bike To Campus’ seperti artinya ‘Bersepeda ke Kampus‘ merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa/i di hampir di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Banyak alasan mengapa para mahasiswa/i melakukan Bike To Campus, ada yang beralasan:

  • Penghematan biaya transportasi;
  • Sekedar menjalani hobi bersepeda;
  • Pengurangan dampak pemanasan global;
  • Faktor kesehatan;
  • Menghindari macet;
  • Dan lain lain, bagaimana alasanmu?

Bike To Campus adalah gerakan yang tidak diorganisir, tetapi dibeberapa universitas gerakan ini diorganisir menjadi komunitas. Contohnya pada: ITB, UI dan universitas lain.

Sedangkan di kampusku Universitas Negeri Jakarta, mahasiswa/i yang menggunakan sepeda cukup banyak, sepanjang pengamatanku saat ini sekitar ada 10 orang yang menggunakan sepeda dan itu belum termasuk karyawan yang juga naik sepeda ke kampusku itu. Dan jumlahnya akan terus meningkat!.

Peningkatan yang kusebutkan ini benar akan nyata, karena banyak teman-temanku yang ternyata juga punya keinginan untuk bersepeda ke kampus setelah mereka melihatku bersepeda kampus. Apalagi setelah mereka tahu jarak tempuhku dari rumah ke kampus (Depok – Rawamangun).

Aku biasa B2C setiap hari Rabu dan Jumat. Mengapa hari tersebut?. Karena hari Jumat sudah seperti hari wajib bagi pelaku Bike To Work untuk bersepeda ke kantor dan kuyakini juga kalau Jumat adalah hari wajib bagiku, dan Kamis adalah hari untuk mengistirahatkan ototku maka kumulai lagi B2C pada hari Rabu.

Dengan melewati rute yang menurut temanku sungguh beresiko yaitu: Jalan Raya Bogor – Cililitan – Cawang/UKI – Rawamangun. Total jarak tempuh kalau tidak salah 30 KM dengan memakan waktu 1,5 jam. Bila menggunakan motor memakan waktu 1 jam, memakai Bus Transjakarta 2 jam.

Dengan B2C aku bisa menghemat hingga Rp 10.000/minggu untuk bensin. Jangan heran karena bagiku itu jumlah yang besar. Bila dihitung perbulan maka  aku bisa mengumpulkan Rp 40.000. Tapi ini semua bukan karena uang.

Mengapa aku melakukan B2C. Karena aku sudah muak dengan keadaan jalan raya yang penuh kendaraan bermotor, kemacetan yang ditimbulkan, dan yang utama adalah melindungi bumi ini. Memulai dari diri sendiri lebih baik daripada menyuruh orang lain untuk memulai.

Berikut adalah tulisan tentang Bike To Campus:
– http://masaryaguna.wordpress.com/2008/10/03/bike-to-campus/
– http://b2wbiofarma.multiply.com/journal/item/17/Lets_bike_to_campus

Lets act beyond green!

Trims.

Inspirasi lainnya: