Cara Menjadi Cerdas Tanpa Perlu Masuk Kelas

Salam,

Seharusnya ilmu pengetahuan berhak dimiliki oleh siapa saja tanpa perlu mengorbankan banyak materi atau tidak sama sekali. Namun, pada kenyataannya tak semua orang mampu mendapatkan pendidikan dengan mudah.

Untunglah era Internet hadir di abad ini, beruntunglah pula kepada kita generasi X dan para Millennial atau anak sekolah yang fasih menggunakan Internet. Pendapatku, dengan adanya Internet harusnya kita dapat mengembangkan diri tanpa tergantung pada sistem pendidikan; apalagi di Indonesia.

Banyak sumber referensi di Internet yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Berikut sumber ilmu terbaik yang dapat kutemukan di Internet:

1. Quora

Adalah tempat diskusi; semua orang dapat mengajukan pertanyaan atau membaca jawaban dari pertanyaan orang lain. Menariknya, banyak sekali jawaban yang menurutku membuka pikiran kita dan tak sedikit mereka yang menjawab adalah pelaku top industri terkait.

Karena Quora adalah tempat diskusi maka semua yang tertulis adalah representatif pemikiran si penjawab. Kita bisa menjadikannya sebagai referensi tapi ada baiknya untuk mencari referensi pendukung lainnya.

2. Wikipedia

Hampir semua cabang ilmu ada di sana dan semuanya bisa kusebut valid dan terus diperbarui, bahkan terdapat catatan jika konten yang tertulis di dalamnya belum divalidasi. Wikipedia berdiri berkat bantuan banyak orang yang terus memperbarui dan mengoreksi konten jikalau ada data yang tidak sesuai kenyataan.

Walau Wikipedia diawasi oleh banyak orang, tidak 100% konten di dalamnya dapat kita jadikan panutan absolut.

3. Youtube

Sama seperti Wikipedia & Quora, Youtube adalah tempat yang memungkinkan semua orang membuat konten dan bertukar pikiran di dalamnya. Sudah tentu, karena formatnya dalam bentuk video maka Youtube sangat cocok untuk kalian yang lebih mudah menyerap materi dalam audio-visual.

Banyak sekali channel yang dapat kalian temukan di Youtube. Kesukaanku adalah Vsauce yang sering memproduksi konten di luar pemikiran kita (mind-blowing). Channel sejenis pun menarik, seperti CGP Grey, Earth Unplugged, Norton Sociology.

4. Medium

Sebenarnya aku sudah lama mengetahui tempat ini tapi baru beberapa hari aku mulai mendalaminya. Medium adalah tempat yang memungkinkan semua orang untuk menulis dan berbagi pemikiran di dalamnya, pada dasarnya Medium adalah blogging platform. Namun harus aku akui bahwa menulis di Medium sangat nyaman.

Di Medium pun banyak artikel menarik pelbagai tema dari pelbagai orang. Sama seperti halnya melihat blog pribadi orang lain tapi di Medium, semua artikel dapat diorganisir dalam sebuah ‘Collection‘ dan kita dapat mencarinya sesuai minat baca.

Banyak cara untuk menjadi cerdas tanpa perlu duduk di bangku kelas, karena pendidikan tak hanya di dapat dari sekolah/kampus tapi juga pengalaman hidup kita di dunia. Semakin banyak pengalaman yang kita dapat maka semakin cerdas dan bermanfaatlah kita.

Semoga bermanfaat dan selamat menjadi cerdas!

Inspirasi lainnya: