Cara Yang Terbukti Meningkatkan Kunjungan Web Hingga 100% Kurang Dari Tiga Bulan

Salam,

Sebetulnya saat ini aku sedang kangen melihat Pelangi, tapi kucoba untuk menulis agar rasa tak nyaman itu hilang untuk sementara. Kesempatan kali ini aku akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan kunjungan web hingga 100% dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan; dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimisation), Social Media dan Content Marketing.

Mungkin kalian sudah sering dengar soal SEO (Search Engine Optimisation) yang identik dengan membuat backlink dan menyebarkan artikel (Content Marketing) dengan target (backlink) kata kunci tertentu.

Berarti Content Marketing adalah bagian dari SEO?
Betul. Karena prinsip dasar SEO (Search Engine Optimisation) adalah membuat konten dalam bentuk tulisan, gambar ataupun video yang bermanfaat kepada orang lain. Setelah kita memiliki konten yang bernilai tinggi untuk orang lain, fungsi SEO adalah menampilkan konten tersebut kepada orang yang membutuhkannya.

Konsep dasar yang digunakan Google adalah memberikan peringkat tinggi pada konten yang bermanfaat bagi pembaca; dengan tolak ukur salah satunya: lama kunjungan dan jumlah halaman yang dikunjungi.

Maka, tanpa memikirkan hal teknis SEO seperti penempatan H1 dan STRONG sebuah konten web dapat menjadi peringkat satu di hasil pencarian dengan fokus pada kualitas konten.

Content is king, but publication is queen
Menelisik dari pengalamanku, memiliki konten yang berkualitas saja tidak cukup tanpa publikasi/distribusi konten yang kuat. Konkritnya, banyak tokoh pintar di luar sana namun jarang yang mengetahuinya karena televisi hanya menampilkan hal-hal bodoh.

Di sinilah peran media sosial dalam Content Marketing, karena saat ini terlalu banyak media yang menawarkan hal sama sehingga pembaca cenderung memilih konten atas rekomendasi teman melalui media sosial. Dan banyak yang mengakui bahwa rekomendasi lebih efektif dalam berjualan dibanding iklan; bahkan iklan pun dibuat seakan-akan seperti rekomendasi dengan format testimoni. Ingat klinik tongfang?

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Kompasiana, Mindtalk atau agregator konten seperti Lintas.me sangat efektif mendatangkan trafik kunjungan web. Akan sangat berbeda jika kita telah memiliki basis pengunjung loyal yang datang setiap hari melihat konten terbaru, namun nyatanya kondisi tersebut jarang ditemui. Coba saja tanya berapa banyak porsi referral visit dari media sosial di detik.com atau kompas.com?

Di mana peran SEO?
SEO (Search Engine Optimisation) seperti papan reklame sebuah toko roti. Dia memudahkan konsumen menemukan toko roti untuk pertama kali hingga akhirnya membeli. Dalam konteks website, SEO berfungsi mengoptimalkan konten agar mudah ditemukan oleh pengunjung melalui mesin pencarian.

SEO dapat mendatangkan banyak pengunjung baru yang dapat digiring untuk berkumpul di media sosial sehingga kita memiliki basis komunitas yang kuat. Hingga akhirnya kita tidak akan membutuhkan mesin pencarian (Google, Yahoo, Bing, dll) untuk mendapatkan kunjungan web.

Memang tugas yang sangat berat untuk 100% lepas dari mesin pencarian, tapi ini bukan berarti hal yang tidak mungkin. Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, artinya konsumen bisa dengan mudah mengakses informasi dari aplikasi tanpa perlu mencari lewat mesin pencarian.

SEO – Content Marketing – Social Media
Ketiga ilmu tersebut adalah yang aku gunakan dalam meningkatkan kunjungan web hingga 100% kurang dari tiga bulan. Ini aku kerjakan pada website yang sedang aku tangani saat ini. Makanya aku jelaskan panjang lebar di awal agar kalian paham terlebih dahulu. Jika belum, mari kita diskusi secara personal.

Grafik di atas adalah kunjungan selama kurang dari 3 bulan dan terus terjadi peningkatan walau tidak drastis seperti yang kulakukan pada Email Marketing sebelumnya. Yang perlu diketahui, peningkatan di atas datang secara organik tanpa biaya iklan sama sekali.

Selain peningkatan kunjungan, aku juga berhasil menurunkan bounce rate dan meingkatkan lama kunjungan sambil tetap meningkatkan jumlah trafik. Aku pun tidak menyangka dapat melakukannya; kadang kita baru tahu kemampuan kita sebenarnya setelah keluar dari zona nyaman.

Bagaimana cara meningkatkan trafik hingga 100% kurang dari 3 bulan?
Yang kulakukan adalah melakukan SEO pada internal website, membuat jalur distribusi pada media sosial dan mengoptimalkan Content Marketing.

Banyak referensi di internet tentang cara melakukan SEO, yang aku rekomendasikan adalah kalian membaca blog Moz tentang SEO. Tak perlu membayangkan yang sulit-sulit, yang aku lakukan sangat mendasar; memastikan semua halaman ter-index di mesin pencarian, menyesuaikan Title Page, tag H1-H3 dan melakukan SEO audit.

Selanjutnya membuat jalur distribusi konten dengan memanfaatkan media sosial. Kebetulan website yang aku tangani ini cukup banyak memiliki basis komunitas di Twitter, maka aku melakukan setup auto-posting ke media sosial yang dimiliki. Aku pun melakukan eksperimen variasi waktu posting dan jumlah artikel yang di-posting.

Hasilnya memang tidak menyumbang banyak kunjungan, tapi setidaknya ini dapat menjaga hubungan antara website dengan pembaca; apalagi jika tidak ada tim khusus yang tangani media sosial. Daripada kita menunggu pembaca datang, lebih baik kita yang datangi pembaca melalui media sosial.

Terakhir adalah optimasi Content Marketing, yang kumaksud adalah merombak/optimasi konten yang telah ada. Aku membuat daftar konten yang paling banyak menyumbang trafik lalu dari situ aku ubah isinya menjadi lebih kaya akan media (video & gambar), menambah referral link ke artikel terkait, dan bahkan tak segan untuk mengubah judul agar lebih menarik.

Kesimpulan
Akumulasi dari ketiga proses antara SEO, Social Media & Content Marketing menghasilkan efek domino; SEO dan Social Media mendatangkan pengunjung, sedangkan Content Marketing membuat pengunjung betah di dalam website.

Logikanya begini, saat kita berhasil membuat sebagian kecil orang untuk lebih ‘betah’ di dalam website, maka Google akan menilai konten yang kita buat bagus sehingga peringkat di hasil pencarian pun akan lebih tinggi. Dengan modal peringkat tinggi, kita bisa mendapat lebih banyak lagi pengunjung hingga akhirnya ini akan menjadi seperti bola salju.

Makanya tak heran jika kalian ada peningkatan cukup besar dalam waktu 2 minggu di grafik di atas; itu adalah tanda efektifnya proses SEO yang telah kulakukan. Baiklah, semoga bermanfaat.

Jangan segan untuk bertanya atau mengoreksi diriku langsung melalui twitter @akhmadamal atau lewat kolom komentar di bawah ini. Terima kasih banyak.

Inspirasi lainnya: