Keuntungan Bike To Campus

Salam,

Bike To Campus (B2C) adalah kegiatan bagi mahasiswa/i untuk menggunakan sepeda ke tempat kuliah mereka. Tulisan ini akan menunjukkan keuntungan dan kekurangan dalam melakukan Bike To Campus yang selama ini juga kulakukan, walau hanya 2-3 kali seminggu namun itu cukup berarti menurutku.

Kumulai dengan membahas kekurangan bila kamu melakukan Bike To Campus. Lalu kemudian melanjutkannya dengan keuntungan melakukan kegiatan B2C supaya kamu mengerti apa saja resiko yang kamu terima selama Bike To Campus.

Kekurangan

  1. Perlu waktu lebih
    Melakukan B2C memang membutuhkan waktu lebih dibandingkan menggunakan sepeda motor. Namun bila jarak rumah dan kampusmu tidak terlalu jauh, kemungkinan waktu yang dibutuhkan dengan menggunakan sepeda lebih cepat dibandingkan sepeda motor.

    Bila dibandingkan dengan mobil, tentu sepeda lebih cepat karena sepeda membutuhkan ruang jalan yang lebih kecil dibanding mobil pada keadaan jalan yang macet dan tidak cocok untuk kendaraan besar.

    Saran: Berangkatlah lebih awal dan sebelumnya tentukan jalur B2C yang lebih lenggang dan aman, bila perlu gunakan jalan tikus untuk mempersingkat waktu.

  2. Barang bawaan lebih
    Barang bawaan yang kumaksud ini adalah perlengkapan dalam Bike To Campus, terutama bagi kamu yang menempuh jarak jauh dari rumah ke kampus. Perlengkapan Bike To Campus akan kuulas dalam artikel selanjutnya.

    Saran: Gunakan tas yang lebih besar namun tetap nyaman bila digunakan saat bersepeda, atau pasang dan gunakan rak sepedamu sebagai tempat barang, seperti buku, pakaian, dan lain-lain.

  3. Keamanan dijalan raya
    Hal ini sangat krusial bagiku karena keadaan lalu lintas di Indonesia terutama Jakarta tidak teratur sehingga keamanan pesepeda di Indonesia belum cukup aman.

    Saran bila kamu bersepeda di jalan raya adalah:
    – Patuhi rambu lalu lintas terutama di persimpangan jalan.
    – Lengkapi dirimu dengan helm sepeda.
    – Gunakan jalur sepeda yang ada.
    – Usahakan selalu gunakan jalur kiri.
    – Pakailah bel atau klakson saat diperlukan.
    – Jaga jarak(min.2 meter) dengan motor dan mobil terutama angkutan umum.
    – Perhatikan dan sesuaikan kecepatanmu dengan kondisi jalan raya.

  4. Tempat parkir sepeda
    Walau tidak semua kampus punya parkir sepeda solusinya kita buat mudah saja, kita bisa memarkirkan sepeda dimana saja asal tidak melanggar aturan dan tetap aman. Bahkan jika kamu mau, kamu bisa memakai sepedamu sebagai kendaraanmu di dalam kampus karena sifat sepeda yang mobile dan mudah melewati jalan yang tidak mungkin dilewati motor.

    Saran: Parkirkan sepedamu bersama dengan pengguna sepeda lain bila ada, atau mintalah ijin kepada petugas keamanan kampusmu untuk memarkirkan sepeda di pos jaga mereka.

  5. Biaya makan lebih
    Semakin jauh jarak yang kamu tempuh maka tenaga yang dibutuhkan semakin besar sehingga kadang kita mengeluarkan biaya lebih untuk makan. Bersepedalah dengan santai dan tidak usah tergesa-gesa sehingga kamu tidak terlalu lelah setibanya di kampus.

    Saran: Bawalah bekal makanan dari rumah, maka kamu dapat menghemat pengeluaranmu.

Keuntungan

  1. Lebih cepat dan sehat
    Bila dibandingkan dengan mobil tentu sepeda lebih cepat apalagi bila kondisi jalan yang kita lewati sedang macet maka sepeda adalah solusi untuk melewati kemacetan tersebut.

    Bila dibandingkan motor, tentu sepeda tidak secepat motor namun menggunakan sepeda lebih baik dibandingkan duduk diam diatas motor karena dengan mengayuh sepeda kita melatih otot jantung yang memompa darah keseluruh tubuh secara merata. Inilah alasan mengapa kadang kita merasa ngantuk selama naik motor/mobil karena darah tidak dipompa secara merata keseluruh tubuh terutama kepala.

  2. Irit bahan bakar minyak (BBM)
    Hal ini tentu sudah tentu menjadi keuntungan menggunakan sepeda dan juga alasan mengapa kita harus menggunakan sepeda. Dengan mengurangi pemakaian BBM maka kita telah menghemat energi.

    Dengan bersepeda kamu bisa mengurangi biaya untuk membeli BBM, walaupun tidak seberapa namun dampak positif bersepeda yang kamu dan dunia terima lebih besar dari biaya yang kamu hemat selama bersepeda.

  3. Lebih bersahabat
    Ini salah satu keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan bila menggunakan motor atau mobil. Dengan bersepeda kamu bisa menjalin persahabatan dengan banyak orang, contohnya dengan:

    – antara pesepeda; kamu bisa saling sapa dan mengobrol bahkan bersepeda sama-sama, seperti ada keakraban yang telah lama walau tidak pernah kenal antar pengendara sepeda. Inilah yang tidak terjadi antara pengendara motor dan mobil.

    – petugas polisi; sering kali petugas polisi lebih ramah terhadap pengendara sepeda, bahkan temanku ada yang punya pengalaman baik dengan polisi saat dia didahulukan waktu dipersimpangan jalan yang ramai kendaraan bermotor.

    – pejalan kaki; mungkin bagi pemakai sepeda lipat sudah cukup sering menjadi perhatian para pejalan kaki. Karena inilah uniknya menggunakan sepeda, kamu kadang menjadi pusat perhatian dan ada saja orang lain yang tersenyum dan menyapa.

    – teman kampus; ini hal yang paling terasa selama aku B2C, kadang mereka menghampiri hanya untuk mengucapkan salam atau melihat sepedaku. Namun yang paling menarik adalah saat orang lain yang belum kita kenal menyapa dan bertanya-tanya kepada kita, disitulah kesempatan untuk menambah teman.

  4. Hemat secara finansial
    Dengan Bike To Campus kita tidak perlu membeli bensin, dan juga biaya perawatannya yang ringan sehingga kita bisa menghemat uang. Ini memang salah salah satu keuntungan bersepeda yang sudah tentu semua orang tahu.
  5. Ramah lingkungan
    Dunia ini akan terus rusak bila kita tidak melakukan penyelamatan. Mulailah melakukan hal yang ramah lingkungan, salah satunya dengan Bike To Campus. Tidak perlu setiap hari menggunakan sepeda ke kampus, satu kali seminggu saja sudah cukup akan lebih baik bila tiap hari.

    Mulailah dari diri sendiri karena lebih baik daripada menyuruh orang lain.

Itulah kekurangan dan keuntungan dari Bike To Campus yang selama ini kulakukan, silahkan ditambahi kekurangan dan keuntungannya atau dikoreksi tulisanku ini. Jangan lupa baca artikel selanjutnya dari Panduan Memulai Bike To Campus yaitu Perlengkapan dan Keamanan Bike To Campus. Mari mulai Bike To Campus.

Lets act beyond green!

Trims.

Inspirasi lainnya: