Memahami SEO Sebagai Bagian Digital Marketing

Salam,

Sebelumnya aku sudah menjelaskan tiga pilar dari pemasaran digital (Digital Marketing). Jika kamu belum tahu, silakan baca dulu tulisanku yang berjudul Mengenal Lebih Dalam Tentang Pemasaran Digital.

Salah satu pilar dari pemasaran digital adalah SEO(Search Engine Optimization) Marketing, yaitu bagian dari ilmu pemasaran yang mempelajari cara mengoptimalkan konten(website) yang kita miliki di mesin pencarian(Google, Yahoo, Bing, dan lainnya). Tujuannya adalah mempermudah user/konsumen menemukan informasi/konten yang kita miliki.

Mengapa pemasaran SEO sangat penting untuk dipelajari?
karena mbah Google hampir selalu punya jawaban, bahkan kata ‘googling‘ pun lazim digunakan orang banyak di dunia. Bicara soal data, kamu bisa googling sendiri berapa persen orang yang gunakan mesin pencari seperti Google Search, Yahoo Search atau Bing.

Kita tak perlu tahu cara membuat website atau bahasa pemograman untuk memahami SEO tapi jika kamu bisa menguasai minimal bahasa HTML maka itu bisa jadi nilai tambah.

Sebetulnya SEO dilakukan untuk memudahkan Google dalam membaca konten kita, sehingga saat konsumen mencari informasi lewat Google Search maka konten kita akan muncul di urutan pertama dibanding konten kompetitor.

Pemasaran SEO bisa dibilang teknik pemasaran gratis karena saat konten kita ada di urutan pertama maka konsumen secara alamiah ‘membeli’ konten kita. Tapi ini semua kembali lagi pada kualitas konten dan cara kita menyajikan konten tersebut.

Karena pemasaran digital adalah mempelajari cara kerja internet dan bagaimana konsumen menggunakannya.

Aku tak akan menjelaskan detil teknis dari implementasi pemasaran SEO karena Google telah merangkumnya secara jelas pada dokumen yang berjudul Search Engine Optimization Starter Guide.

Perlu diketahui, diluar sana banyak profesi yang menjual jasa SEO audit atau semacamnya. Mereka adalah para jago SEO yang bisa mengoptimalkan konten/website kita di dalam mesin pencarian. Tapi karena aku adalah tipe orang dengan spirit DIY (Do-It-Yourself) jadi tak ada salahnya memahami SEO sendiri.

Lebih lanjut dari SEO, kamu pun bisa mengikuti Google Webmaster Academy yang secara terpadu mengajarkan kita cara optimalisasi konten/website di Internet.

Sekian pengenalan SEO dariku, semoga mencerahkan dan mari diskusi 🙂

Inspirasi lainnya: