Membuat Foto Panorama Dengan Photoshop CS2

Salam,

Artikel ini akan membahas tentang cara membuat foto panorama dengan Photoshop CS2.

Panoramic photography is a technique of photography, using specialised equipment or software, that captures images with elongated fields of view. It is sometimes known as wide format photography. – wikipedia

Aku sendiri membuat sebuah foto panorama untuk menunjukkan keadaan sekitar sehingga orang lain dapat melihat dan setidaknya merasa sedang berada pada tempat di dalam foto. Dengan foto panorama kita dapat melihat berbagai macam sudut yang tidak bisa diambil dengan foto biasa.

Berikut cara membuat foto panorama dengan Photoshop CS2, yaitu dengan cara menggabungkan beberapa foto:

Memilih foto
1. Sebelumnya aku sudah mengambil 4 foto untuk dijadikan foto panorama, berikut foto yang kuambil:

2. Buka foto-foto yang akan kamu buat jadi foto panorama di Photoshop.

Automate
1. Pilih File > Automate > Photomerge.

 

2. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, namun karena kamu sudah membuka foto-foto yang akan dijadikan foto panorama maka akan terdapat daftar nama foto yang kamu buka didalam kotak dialog tersebut.

3. Setelah itu langsung saja klik OK.
Bila sebelumnya kamu belum membuka foto-foto yang akan dibuat foto panorama, maka kamu akan harus membuka foto-foto tersebut dengan mengklik Browse.

Photomerge
1. Setelah itu akan muncul kotak dialog besar dan photoshop akan menggabungkan beberapa foto secara otomatis menjadi satu buah foto panorama. Berikut gambaran yang kudapat:

Terlihat kalau foto-foto yang sebelumnya kupilih telah digabungkan menjadi satu bagian oleh Photoshop.

note: bila ada foto yang tidak bisa digabungkan secara otomatis oleh Photoshop maka foto tersebut akan ditaruh pada kotak yang ada di atas. Kamu bisa menggabungkannya secara manual, dengan cara men-drag gambar tersebut ke bagian foto yang sudah tergabung.

Cobalah untuk bereksperimen dengan pilihan-pilihan yang ada, contohnya dengan Setting. Berikut salah satu hasil dengan setting perspective:

 
Setelah foto-foto telah tergabung menjadi satu dengan pas maka klik OK dan lanjutkan ke tahap berikutnya. 
Finishing

Setelah tahap sebelumnya maka Photoshop akan secara otomatis membuat lembar kerja baru dengan foto panorama yang telah selesai digabungkan. Berikut hasil dari foto panorama yang kubuat:


 
Terlihat kalau foto mempunyai bagian-bagian yang kosong. Seperti yang ditunjuk pada gambar diatas maka kita akan meng-crop foto panorama untuk menghilangkan bagian yang kosong.

1. Pilih Crop Tool


Kemudian crop bagian yang kosong dengan cara meng-kotak-i bagian yang ingin ambil. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:

 
Maka hasilnya akan seperti ini:
 
Demikian tulisanku tentang Membuat Foto Panorama Dengan Photoshop CS2. Bila kamu punya kritik dan saran tentang tutorial desain yang kubuat, silahkan kirim melalui halaman kontak

Semoga Bermanfaat,

Trims.

Inspirasi lainnya: