Mengenal Lebih Dalam Tentang Pemasaran Digital

Salam,

Pemasaran digital atau dalam bahasa Inggris yaitu Digital Marketing adalah bentuk lain dari sebuah ilmu pemasaran konvensional. Hal yang terbilang sama(konvensional vs. digital) tapi perlu pemahaman dan pola pikir yang sangat berbeda.

Jika dalam pemasaran konvensional kita menyasar target konsumen secara media konvensional(TV, majalah, radio, dll) dan offline. Maka dalam pemasaran digital kita menyasar target konsumen lewat media yang lebih horizontal; Internet.

Media “horizontal”; maksudnya adalah media/tempat dimana posisi produsen dan konsumen sejajar dan dapat berkomunikasi dua arah. Contohnya: Facebook dan Twitter atau media sosial lainnya.

Terjun ke media sosial artinya siap ‘turun’ kejalanan; bila masih menjunjung senioritas/kedudukan.. lupakan.
— Amal Agung Cahyadi (@akhmadamal) January 13, 2013

Saat korporat(produsen) telah menginjak ranah media sosial, artinya mereka harus siap berhadapan dengan konsumen secara langsung. Kekuatan media sosial adalah keterbukaan informasi sehingga akan sangat buruk bagi kita (korporat) jika tak dapat “mengendalikan” informasi yang tersebar di media sosial.

Bahasan soal “mengendalikan” informasi tak akan aku bahas dalam artikel ini karena itu adalah bagian lain dalam dunia media sosial yang dikenal sebagai “Crisis Management“.

Membahas tentang pemasaran digital artinya membahas bagaimana cara kerja Internet dan bagaimana konsumen menggunakannya.

Digital marketing means knowing how Internet works and how peoples using it.
— Amal Agung Cahyadi (@akhmadamal) January 20, 2013

Mempelajari Internet bukan hanya dengan menggunakannya setiap hari tapi juga memahami seluk-beluk dibalik cara kerja Internet; bagaimana website ditampilkan; cara google mendapatkan informasi; hingga cara eksis pada media sosial.

Terdengar teknis? tentu saja, karena menurutku pemasar digital adalah setengah pemasar dan setengah programer.

I thought a perfect digital marketer is an ex-programmer who studies marketing so well.
— Amal Agung Cahyadi (@akhmadamal) January 20, 2013

Banyak hal yang wajib diketahui oleh seorang pemasar digital, minimal paham tentang SEO, Social Media dan Web Usability. Menurutku ketiga hal tersebut adalah pilar dasar untuk ‘berjualan’ di media digital.

Lebih lanjut tentang tiga pilar media digital tersebut, mungkin akan kubahas dalam artikel berikutnya. Silakan cek tulisan Pengenalan Pemasaran Media Sosial untuk pembahasannya.

Inspirasi lainnya: