Menjadi Seorang Blogger Profesional

Salam,

Berikut adalah tulisan mengenai blogging. Tulisan ini akan menjelaskan poin-poin yang berhubungan dengan  blogger profesional dalam menjalani kegiatan blogging-nya. Banyak yang mendefinisikan blogger profesional, mungkin tulisan ini bisa menjelaskan tentang Bagaimana Blogger Sukses Itu.

Tujuan tulisan ini agar kita dapat menjaga kegiatan blogging tetap pada poin-poin dibawah ini walaupun tujuan dari kegiatan blogging kita bukan untuk menjadi profesional. Namun, tidak ada salahnya menjaga alur blogging kita seperti halnya blogger professional.

Menjadi Seorang Blogger Profesional
Bagaimana bila aku ini adalah seorang blogger profesional dan ternyata aku tidak menulis seperti biasanya; apakah dampak, dan bagaimana penilaian para pembaca? itulah dasar pemikiranku untuk menulis ini.

Keteraturan menulis
Seorang blogger profesional seperti Darren Rowse, atau Chris Brogan  hampir setiap hari menampilkan tulisan terbaru pada blog mereka. Dengan banyaknya pembaca setia tentu tulisan terbaru adalah hal yang dinantikan oleh para pembaca sehingga keteraturan dalam mem-publish artikel adalah suatu keharusan.

Pernah suatu ketika Chris Brogan tidak bisa menuliskan tulisan terbaru karena jarinya terluka, lalu dia melakukan video blogging sebagai tulisan terbarunya. Tindakan itu merupakan bukti kalau keteraturan adalah hal yang penting untuk blogger profesional.

Salah satu cara agar kita tetap dapat menampilkan tulisan terbaru adalah dengan meminta orang lain untuk menulis atau yang disebut guest post. Mengapa guest post dapat menjadi alternatif, berikut penjelasannya oleh Darren Rowse.

Pembaca setia
Sebuah blog tentu mempunyai pembaca setia, pembaca yang mengikuti tiap tulisanmu walau mereka hanya membacanya lewat RSS feed.

Ketertarikan mereka untuk membaca tulisanmu didasari oleh rasa ingin tahu yang sebanding dengan apa yang mereka harapkan. Mungkin pembaca setiamu adalah sahabat, atau keluargamu. Mungkin mereka cuma sekedar membaca beberapa paragaraf dari tulisanmu tapi mereka tetap pembaca setia.

Berikan respon pada setiap komentar pembaca, sehingga timbul adanya jalinan komunikasi. Dan dari situlah muncul jaringan sosial blogmu. Komunikasi yang terjaga pada setiap pembaca menciptakan kedekatan tersendiri, sehingga adanya pembaca setia.

Jaringan sosial
Setiap pembaca blogmu tergabung pada jaringan sosial dibawah naungan blogmu. Bagaimana kita menjaga komunikasi antara anggota jaringan bila kita tidak pernah dekat dengan mereka.

Mengomentari tulisan pembaca pada blognya masing-masing masih menjadi hal yang ampuh untuk menjaga komunikasi. Namun, tidak hanya itu saja komunikasi bisa dibentuk. Bergabunglah dengan para pembaca di situs jejaring sosial.

Lewat situs jejaring sosial seperti facebook, kita dapat mengenal lebih dekat dengan para pembaca. Menggunakan fasilitas seperti twitter juga dapat memperekat rasa sosial antar pembaca. Layaknya dunia nyata, kita tidak bisa hidup sendirian.

Kualitas dari kuantitas
Tidak semua blogger yang dianggap profesional oleh orang banyak selalu menulis artikel baru setiap hari atau tiap minggu bahkan setiap bulan. Coba saja perhatikan Jakob Nielsen yang terus menuliskan artikel bagus mengenai usability di situs pribadinya.

Dalam blogging, penting untuk kita menjaga kualitas antar tulisan sehingga tidak ada pasang surut penilaian oleh pembaca. Tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis bila itu memang senilai dengan apa yang akan diterima pembaca.

Pembaca setia bisa saja berkurang bila kita terlalu lama tidak menuliskan artikel baru, namun dari keadaan inilah akan terlihat siapa para pembaca yang sangat setia. Dan jagalah irama kualitas tulisanmu sehingga semakin banyak pembaca yang benar-benar setia.

Banyak hal yang berkaitan dengan para blogger profesional, namun kukira inilah inti dari apa yang mereka kerjakan dan bagaimana mereka bisa menjadi seorang blogger profesional.

Siapkah kamu untuk menjadi seorang blogger profesional?
Trims.

Inspirasi lainnya: