NavinoT

Salam,

NavinoT adalah sebuah blog atau aku lebih suka menyebut ‘superblog’ tentang IT di Indonesia yang mengandalkan opini dan ulasan penulis lengkap dengan panduan siap praktek. Uniknya, nama blog ini adalah gabungan terbalik dari nama pemilik blog ini yaitu Ivan dan Toni.

Walaupun umur blog NavinoT ini masih terbilang muda (menurutku) yang belum genap 1 tahun sejak artikel NavinoT Telah Diluncurkan! pada tanggal 13 September 2008 tapi konten yang ditulis sangatlah berbobot dan bermanfaat, setidaknya untukku yang belum tahu banyak.

Bukan berita yang akan kamu temukan, tapi apa yang memunculkan berita. Analisa, opini dan “hmmm” yang tak akan kamu temukan di lain tempat. That’s NavinoT for you.

Sebenarnya NavinoT tidak sepenuhnya membicarakan tentang IT melalui artikelnya. Terkadang artikel yang ditulis membahas tentang ilmu pemasaran yang justru menjadi hal menarik untukku, mungkin karena aku sendiri mahasiswa jurusan manajemen yang akan mengambil konsentrasi pemasaran.

Konsistensi NavinoT dalam menampilkan artikel yang bermanfaat telah membuahkan kebanggaan dan rasa salut dari aku yaitu saat Koran Tempo mengulas NavinoT, wawancara eksklusif, dan yang terkini adalah dibuatnya kontes dengan judul Navinot-Bhinneka: Kontes Berpikir Kritis 2009.

Kontes yang berhadiah utama sebuah Hewlett-Packard 1001 Mini Note ini mengajak semua orang untuk berpikir kritis dengan menanggapi atau menuliskan pendapat dari salah satu artikel yang akan ditulis oleh NavinoT. Selain hadiah utama, 10 kaos bertanda NavinoT juga akan dibagikan sebagai hadiah.

Yang membuatku salut dengan hadirnya Kontes Berpikir Kritis 2009 ini adalah tujuan yang kubaca dibalik ini semua, yaitu mengajarkan semua orang untuk berpikir kritis dan menghargai karya orang lain. Kita diharuskan untuk berpendapat secara kritis, dan memberikan komentar pada artikel yang ditulis.

Semoga dengan kontes ini masyarakat digital Indonesia bisa menjadi lebih kritis dalam memahami informasi yang ditemukan dan lebih menghargai karya tulisan orang lain.

Bagi kamu yang tertarik mengikuti kontes ini, caranya sangat mudah. Kamu hanya diminta untuk menuliskan artikel yang berkaitan dengan salah satu artikel NavinoT dan memberikan komentar pada artikel NavinoT secara kritis.

Baca selengkapnya tentang kontes ini di halaman resminya.
Dan berikut adalah latar belakang diadakannya kontes ini.

Baca juga 20 Fakta Tentang (Penulis) NavinoT. dan kalau ingin tahu apa pendapat blogger lain tentang Navinot saat pertama kali berdiri, baca saja di blog zalukhu.

Trims.