Pengaruh Lintas Berita Terhadap Jumlah Pengunjung

Salam,

Berikut adalah artikel yang didasari oleh pengalaman pribadi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana lintasberita.com dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung website secara signifikan.

Lintasberita.com merupakan situs yang memberikan fasilitas untuk user mempublikasikan URL berdasarkan kategori. Dan kemudian URL tersebut akan mendapatkan poin setiap kali user lain memilihnya sehingga URL tersebut mempunyai kesempatan untuk terus berada pada halaman depan lintasberita.

Dengan kata lain, bila kamu mempublikasikan URL artikel blogmu maka kamu mempunyai kesempatan untuk mendapatkan jumlah pengunjung tambahan. Karena tiap artikel dapat direkomendasikan dengan poin, sehingga saat user lain mencari artikel di lintasberita maka artikel dengan poin terbanyaklah yang muncul pada urutan atas.

Berikut adalah penjelasan mengenai Pengaruh Lintas Berita Terhadap Jumlah Pengunjung.

Peningkatan jumlah pengunjung pada sebuah blog tergantung pada konten yang ada. Bila konten yang ada cocok dengan apa yang dicari oleh user maka user akan membaca konten tersebut. Jadi, walaupun kamu telah mempublish semua URL artikel blogmu di lintasberita.com tidak selalu ada peningkatan pengunjung.

Namun, apa yang user cari cocok dengan atikel yang kau tulis maka artikelmu akan mendapat rating dan terus muncul pada halaman depan lintasberita.com. Seperti halnya artikelku tentang game online buatan Indonesia.

Artikelku tersebut telah ku-publish di lintasberita.com dan satu hari kemudian terjadi peningkatan tajam pada jumlah pengunjung blogku ini. Peningkatan ini sangat drastis, mencapai lebih dari seratus persen dari rata-rata jumlah pengunjung harian.

Gambar disamping adalah grafik yang menunjukkan jumlah pengunjung blog ini setiap hari yang kuambil dari Google Analytics. Dan terlihat pada tanggal 7 Januari 2009 terdapat peningkatan tajam dari sebelumnya.

Peningkatan ini cukup membuatku heran dan kaget, saat melihat grafik ini timbul pertanyaan dari manakah semua pengunjung ini; dan apa yang membuat ini terjadi.

Setelah kulihat data lainnya di Google Analytics, ada beberapa hal yang menarik perhatianku yaitu:

 

Ternyata pengunjung baru datang melalui lintasberita.com dan jumlahnya cukup banyak. Kemudian setelah kulihat akun di lintasberita.com aku baru sadar kalau artikel mengenai game online buatan Indonesia tersebut telah dipilih oleh banyak orang.

Kemudian kutelusuri lagi data di Google Analytics dan kutemukan lagi data ini:

Dari data diatas dapat disimpulkan benar ternyata bahwa lintasberita.com telah menyumbang tambahan pengunjung baru yang cukup banyak. Walaupun terlihat, para pengunjung tersebut hanya mengunjungi satu halaman dengan rata-rata waktu dibawah satu menit.

Apa yang dapat dipelajari?

Yang dapat kupelajari dari pengalaman diatas adalah, bahwa:

  1. Publikasikan artikelmu ke situs sosial.
  2. Search Engine bukanlah satu-satunya sumber pengunjung.
  3. Gunakan situs berbahasa Indonesia semacam lintasberita.com untuk media promosi.
  4. Publikasi di Digg.com dan lainnya hanyalah membuang waktu bila artikelmu berbahasa Indonesia.

Kesimpulan
Mulailah untuk melakukan promosi blogmu secara manual dengan mempublikasikan link artikelmu di situs jejaring sosial semacam facebook.com, friendster.com, dan lainnya. Perhatikan pula struktur blogmu, buatlah pengunjung gampang untuk menelusuri blogmu dan desainlah blogmu semenarik mungkin.

Sekian artikel mengenai Pengaruh Lintas Berita Terhadap Jumlah Pengunjung. Tulislah kritik yang disertai saran darimu untuk tulisanku ini.

Semoga bermanfaat.
Trims.

Inspirasi lainnya: