Seminar: “Concept Behind Creativity” Bagian 01

Pada hari Sabtu, 10 Desember 2011 ada seminar bertajuk Concept Behind Creativity yang diselenggarakan atas kerjasama Depok Creative dan HIMA Desain Grafis Politeknik Negeri Media Kreatif.

Acara gratis ini menghadirkan pembicara yang kompeten di bidang kreatif, yaitu:

  1. Jimmy Balia – Art Director dengan kemampuan vektor yang ciamik.
  2. Rio Deadwolf – Ilustrator professional yang karyanya sangat memukau.

Dan berikut adalah review yang kudapat selama seminar ini:

Seminar ini membicarakan 2 hal yaitu Konsep dan Proses Kreatif sebelum didapatkannya hasil akhir dari suatu karya. Materi pertama dipresentasikan oleh Jimmy Balia tentang Konsep.

Menurut Jimmy Balia,“Konsep adalah pesan yang ingin disampaikan” dan Konsep didapat dari pemikiran sang desainer. Tanpa pemikiran yang matang maka suatu karya hanya tampil sebagai gambar tanpa pesan.

Konsep adalah hasil pemikiran yang didapat berdasarkan pengalaman atau ilmu sang desainer, semakin banyak pengalaman/ilmu atau pemahaman sang desainer tentang proyek yang sedang dikerjakan maka semakin matang konsep didalamnya.

Dengan kata lain, sang desainer mesti melakukan riset mendalam tentang apa yang ingin disampaikan dalam proyek yang akan dikerjakan agar hasilnya maksimal secara teknis dan non-teknis.

Copy from one is plagiarism; Copy from many is research. – Wilson Mizner

Sah saja seorang desainer menggunakan pelbagai inspirasi desain dari banyak karya yang ada. Menurut Jimmy Balia ada 4 langkah dalam sebuah proses kreatif, yaitu:

Awalnya sebuah karya dihasilkan bermula dari ide yang kemudian diimajinasikan oleh desainer dengan melakukan berbagai riset yang terkait lalu dikerjakan sesuai kemampuan sang desainer. Kemampuan disini adalah skill teknis dalam penggunaan tools dalam menyelesaikan karya.

Ada 3 tips dari Jimmy Balia dalam proses kreatif:

  1. Perbanyak referensi;
  2. Pelajari skill/teknik baru;
  3. Jangan pernah puas.

Materi kedua tentang proses kreatif oleh Rio Deadwolf tertulis dalam tulisan selanjutnya. Terima kasih sudah menyimak. Semoga bermanfaat.

Inspirasi lainnya: