Seminar: “Concept Behind Creativity” Bagian 02

Sebelumnya di tulisan bagian pertama, Jimmy Balia sudah menjelaskan tentang konsep dibalik suatu karya dan sedikit tentang proses kreatif. Di tulisan kedua ini akan menjelaskan hasil presentasi dari ilustrator Rio Deadwolf yang hasil karyanya sangat memukau.

Rio Deadwolf menjelaskan bahwa proses kreatif tidak hanya terjadi pada sang desainer/ilustrator, proses tersebut terbagi karena biasanya sang desainer/ilustrator tidak bekerja sendirian; ada seorang Creative Director yang mempunyai ide suatu karya, kemudian Art Director yang menentukan suatu karya diterima/sesuai atau tidak dan seorang Ilustrator yang bekerja secara teknis mengubah ide dalam bentuk karya.

Menurut Rio Deadwolf, suatu karya adalah Personal Emotion sang ilustrator dan inilah yang menjadikan suatu karya terbagi menjadi dua: Commercial Art dan Entertainment Art.

Commercial Art
Secara gampang, tipe karya ini adalah karya yang umum disukai oleh semua orang bahkan oleh orang awam sekalipun. Mengandung pesan yang jelas dan menggunakan objek yang umum dikenal oleh banyak orang. Sesuai namanya, tipe karya ini dibuat untuk kepentingan komersial sebuah merek, namun bukan berarti tipe Entertainment Art tidak digunakan sebagai komersil.

Contoh karya Rio Deadwolf Studio.

Pesan yang terkandung dalam karya tipe ini disesuaikan dengan merek yang dibawanya. Karya tipe ini sering diaplikasikan pada sebuah iklan cetak, poster film dll. Dalam pembuatannya, biasanya seorang Art Director sudah mempunyai konsep untuk para ilustrator sehingga proses kreatifnya ditentukan dengan patok konsepnya.

Dengan kata lain, tipe Commercial Art adalah tipe karya yang dibuat berdasarkan pesanan dan umum dijumpai oleh masyarakat luas.


Entertainment Art
Perbedaan secara visual yang terlihat antar Entertainment dengan Commercial adalah dari penggunaan garis dalam gambar. Pada tipe Entertainment; lebih banyak menggunakan garis halus mendekati gambar realis dengan tema-tema pejuang, ksatria atau sosok tak dikenal. Sedangkan pada Commercial Art; sering menggunakan garis tegas dengan karakter yang disukai umum dalam bentuk kartun.

Hasil karya Rio Deadwolf

Biasanya seorang Art Director (senior ilustrator) mempunyai narasi/cerita dan diserahkan kepada para ilustrator untuk diubah menjadi karya sehingga proses kreatif sebagian besar dikerjakan oleh sang ilustrator. Entertainment Art sering digunakan dalam sebuah video games atau games card yang menampilkan karakter fantasi di ceritanya.

Rio Deadwolf menyimpulkan presentasi kedalam beberapa poin, yaitu:

  • Personal Expression – Karya adalah ekpresi sang desainer/ilustrator.
  • Visual Library – Ilustrator mesti mempunyai catatan visual sebagai media latihan memperkaya skill ilustrasinya, seperti buku catatan harian.
  • Put Skill & Idea in same level – Menyamakan ide yang dipunya dan kemampuan teknis pada level yang sama sehingga karya yang dihasilkan lebih maksimal.
  • Good artist copy, great artist steal – terinspirasi oleh Steve Jobs, Bill Gates dll.

Sekian laporan tentang seminar Concept Behind Creativity yang diadakan oleh Depok Creative dengan HIMA Desain Grafis Politeknik Negeri Media Kreatif.

Semoga bermanfaat.

Inspirasi lainnya: