Urgensi Sebuah Skripsi

Skripsi, adalah kata yang mungkin paling dihindari oleh para mahasiswa masa kini. Kenapa? dan mengapa sering menjadi momok di akhir masa kuliah? mari kita bahas bersama.

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. [1]

Tulisan ini akan memberikan sudut pandangku tentang skripsi, semoga bisa menginspirasi dan membuka sudut pandang lain buat kalian semua.

Manfaat Skripsi
Skripsi adalah tentang penelitian dan tulisan. Namun, dibalik itu semua skripsi melatih cara pandang dan pola pikir kita. Cara pikir yang terpola untuk menemukan jawaban dari sebuah masalah, itulah manfaat utama dari mengerjakan skripsi karena di dalam skripsi adalah sebuah pembuktian ulang dari sebuah teori yang sudah terbukti.

Selain itu, skripsi bisa dibilang adalah tantangan terakhir guna membuktikan kemampuan kita sebagai mahasiswa. Karena implikasi dari skripsi adalah gelar; sesuatu yang telah jadi standar internasional kemampuan manusia. Namun ingat! jangan pernah menilai kemampuan manusia dari gelar pendidikannya saja.

Gelar sebagai standar kualitas diri memang meningkatkan nilai jual manusia tapi semua itu percuma kalau kita tak punya keahlian. Biasanya keadaan ini terjadi pada mereka yang hanya mencari gelar bukan ilmu.

Gelar Vs. Keahlian
Mungkin mereka yang kuliahnya mandek di skripsi akan menjawab ‘dalam hidup yang penting keahlian’ saat ditanya apa alasannya tidak selesaikan kuliah. Dan aku salah satunya 😀

Apa sih alasan kalian kuliah jika salah satunya bukan untuk gelar. Banyak yang bilang kalau punya gelar maka cari kerja itu gampang. Menurutku tidak, sebagai manusia yang tak begitu taat agama aku percaya kita tak akan kekurangan. Begitu pula soal pekerjaan, semua hanya tentang kemampuan dan niat usaha.

Betul! gelar dapat membuka peluang hidup lebih besar tapi bukan tidak mungkin tanpa gelar pun kita tetap bisa sukses, jika tujuan kita bergelar adalah untuk sukses.

Perlukah Menyelesaikan Skripsi?
Menurutku, skripsi perlu diselesaikan. Karena itu bagian dari tugas dan tanggung jawab kita sebagai mahasiswa. Sekali lagi betul! aku menjilat ludah sendiri, karena hingga sekarang aku belum menyelesaikannya.

Apa yang bedakan dirimu saat ini dan nanti setelah lulus kuliah?

Itu pertanyaan yang mesti kalian cari tahu jawabannya. Jika jawabannya adalah ‘sama saja’, lalu buat apa kau menyelesaikan kuliah? jika itu hanya menghambur-hamburkan uang. Jangan bilang hanya untuk membanggakan orangtua, karena jika kau terus menyelesaikannya maka kebahagiaan orangtuamu semu.

Kapan lulus kuliah?

nb: gambar di hotlink dari sumbernya.

Inspirasi lainnya: