Fixed Gear dan Indonesia

Salam,

fixi.. fixi.. fixi..
Teriakan dari seseorang setengah baya kepadaku, sepertinya karena aku sedang menggendong frame sepeda roadbike lama.

Sudah setahun lebih, aku mengenal jenis sepeda Fixed Gear (fixie) karena sebelumnya aku sangat tertarik dengan Bike Messenger dimana jenis sepeda yang mereka gunakan adalah fixed gear. Tentu saja alasan penggunaan fixed gear dikalangan Bike Messenger adalah simplifitas dan tingkat ekonomisnya bukan karena tren apalagi gaya hidup.

Lalu apa maksud dari tulisan ini?
Aku cuma ingin berbagi persepsi tentang fenomena Fixed Gear dikalangan kaum muda Indonesia.

Setahun lalu sekitar awal bulan Januari 2010, Fixed Gear adalah jenis sepeda yang masih jarang ditemui. Pemakai jenis sepeda inipun masih terbilang sedikit bahkan hanya terpusat di satu tempat, di Jakarta pelopor sepeda FG ini menjadikan taman menteng sebagai tempat berkumpulnya.

Kini dengan makin banyaknya komunitas Fixed Gear, budaya fixie pun meluas dan menyebar keseluruh Indonesia. Kurang pas rasanya kalau anak jaman sekarang belum punya sepeda Fixed Gear, walau hanya dipakai mejeng di mall dan itupun malam minggu saja.

Hal baik yang kulihat dari fenomena ini adalah semakin banyak anak muda yang mulai bersepeda, walau hanya memenuhi gaya hidup sesaat aku merasa bangga setidaknya mereka tak perlu malu untuk menunjukkan bahwa sepeda adalah gaya hidupnya.

Sama seperti hal lainnya, persepsi kebanyakan anak muda adalah keren bila memiliki sepeda Fixed Gear yang harganya mahal, sampai-sampai pernah ada seseorang yang baru kukenal menanyakan merek mana yang lebih di’pandang’ orang. Tapi tenang, ternyata ada juga anak muda pengguna Fixed Gear yang terlihat sederhana dengan sepedanya.

Yang penting sepedaannya bukan sepedanya” – Ranggapanji

Rasanya Fixed Gear cuma berumur pendek, temanku berkata, “tahun depan fixie dah gak laku”. Apa betul begitu? sepertinya ada benarnya bila pengguna Fixed Gear saat ini hanya mengikuti tren. Ini cuma masalah waktu, biarkan alam yang menyeleksi manakah hipster dan mana yang pengguna FG sejati.

Namun ingat, bahwa mengendarai sepeda Fixed Gear itu berbahaya!
baca alasannya: http://sepedaku.com/forum/showthread.php?31198-Fixed-Gear-itu-Bahaya-atau-Tidak-IYA.

Referensi Fixed Gear Indonesia



Tertarik untuk punya sepeda fixie? bisa hubungi aku disni…

Semoga Fixed Gear memberikan kesadaran akan nikmatnya bersepeda.
Lets act beyond green by using our bike to campus.